Tuesday, March 15, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pingin ngomong banyak tapi gak pede dengan suara kita sendiri? Atau ruangan sedang tidak kondusif untuk merekam suara? Gampang, kamu bisa suruh Google buat ngomong. Ya, kita tahu bahwa Google bisa berbicara mulai dari aplikasi Google Translate dan lain sebagainya. Namun kali ini kita akan coba cara buat suara Google di CapCut. Gampang gak ya? Yuk kita cek.

3 cara membuat suara google di aplikasi capcut
3 cara membuat suara google di aplikasi capcut

Mengenal CapCut Video Editor

Untuk kamu yang belum tahu, aplikasi CapCut adalah aplikasi editor video untuk perangkat mobile seperti Android dan iOS. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik sehingga bisa dibilang cukup populer. Salah satunya adalah aplikasi ini bisa membuat suara Google. Fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan seperti filter video yang menarik dan kekinian.


Tidak heran jika aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta unduhan. Kamu tidak perlu khawatir pula, karena kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Nah kira-kira bagaimana langkahnya? Langsung saja kita mulai, mudah kok caranya. Namun pertama-tama, kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasinya dari link CapCut Mod APK, Playstore, atau AppStore:


  1. Langkah pertama setelah mengunduh dan menginstall aplikasinya, buka aplikasi CapCut.
  2. Kemudian, buat proyek baru dengan memilih opsi “new project
    ketuk tombol new project untuk edit video baru
    ketuk tombol new project untuk edit video baru
  3. Nantinya akan muncul tampilan baru untuk mulai mengedit.
  4. Selanjutnya, tambahkan video jika kamu ingin menggunakan video yang ditambahkan suara Google. Jika tidak, kamu bisa melewatkan langkah ini dan nantinya kamu hanya akan mendapatkan suara atau audionya saja.
  5. Langkah berikutnya, tambahkan audio dengan memilih menu “add audio” untuk menambahkan audio
  6. Setelah itu, pilih menu Voiceover. Rekam suara kamu dengan menekan tombol “record”. Agar terlihat seperti suara dari Google betulan, kamu bisa mencoba berlatih gaya ucapan dari Google.
    Pilihan suara voiceover video di aplikasi Capcut
    Pilihan suara voiceover video di aplikasi Capcut
  7. Bila sudah merekam suaramu, langkah berikutnya adalah merubah suaramu agar semirip mungkin dengan Google. Bila sudah, pilih opsi “voice effect” kemudian pilih efek yang membuat suara kamu tadi serupa dengan suara Google.
  8. Apabila sudah, sekarang tekan centang dan video kamu pun sudah ditambahkan dengan suara Google.

Cara Alternatif Buat Suara Google di Capcut dengan Situs Online

Bagaimana? Sangat mudah bukan caranya? Selain cara buat suara Google di CapCut, kamu juga bisa menggunakan cara lainnya yakni dengan menggunakan soundoftext. Nah berikut keterangan lengkap caranya yang bisa kamu ikuti.


  1. Dengan menggunakan HP atau laptop kamu, kunjungi situs soundoftext.com
  2. Langkah selanjutnya, masukkan teks yang ingin diubah menjadi suara Google ke dalam kolom teks
  3. Pilih bahasa yang digunakan pada kolom suara (voice), letaknya ada di bawah kolom teks
    cara buat suara google di capcut dengan sound of text
    cara download suara google di capcut dengan sound of text
  4. Klik Submit, nantinya akan muncul sebuah player dan kamu bisa klik play untuk mendengarkan teks yang sudah diubah menjadi suara.
  5. Jika Setelah kamu yakni dengan hasilnya, kamu bisa mengunduh filenya dengan mengklik tombol unduh.
  6. Selesai

Bagaimana? Mana cara buat suara Google yang lebih mudah? Cara buat suara Google di CapCut atau di soundoftext? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk cara pertama, kamu lebih bebas untuk mengekspresikan suaranya sehingga tetap terdengar natural atau alami. Dengan efek suara kamu bisa menyamarkan suaramu juga. Pelajari juga cara menggunakan situs ini lebih luas di artikel Sound of text ini.


Sedangkan untuk cara kedua kamu harus menyesuaikan jenis suaranya dengan teks yang digunakan. Apabila teksnya bahasa Indonesia dan juga jenis suaranya adalah bahasa Inggris, maka hasilnya akan terdengar tidak alami dan terkesan seperti robot atau buatan. Kamu bisa memilih cara mana yang menghasilkan suara yang terbaik.

Buat Suara di Capcut dengan Memanfaatkan Google Translate

Masih ada cara buat suara Google lainnya selain cara buat suara Google di CapCut yakni dengan memanfaatkan aplikasi Google Translate. Bila kamu menggunakan PC, mungkin tidakn akan masalah dengan mengunduh hasil ucapan dari Google Translate. Namun bila kamu hanya mengandalkan smartphone, maka kamu perlu aplikasi pihak ketiga lainnya.

tekan speaker untuk putar suara dari google translate
tekan speaker untuk putar suara dari google translate

Aplikasi pihak ketiga tersebut adalah Easy Voice Recorder. Aplikasi ini akan merekam suara apapun yang dibunyikan oleh smartphonemu, mulai dari percakapan di telepon, musik, hingga suara hasil dari Google Translate. Cara ini memang cenderung lebih repot, namun kita tahu bila suara dari Google Translate lebih sempurna hasilnya.


Itulah beberapa cara buat suara Google di CapCut dan juga beberapa aplikasi lainnya dari Sebuahutas.com. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu mengekspresikan diri. Pilih cara yang paling mudah dan semoga sukses.

Next article Next Post
Previous article Previous Post