Thursday, April 14, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Beberapa tahun belakangan, investasi cryptocurrency memang sedang populer di Indonesia. Meskipun instrumen investasi ini sudah ada sejak dulu, namun baru akhir-akhir ini ramai.

Arti Rug Pull dan Contoh Kripto yang Scam
Arti Rug Pull dan Contoh Kripto yang Scam

Berinvestasi di kripto memang menawarkan hasil return yang besar, namun hal tersebut juga sebanding dengan risiko yang besar pula. Walaupun investasi di kripto aman namun kamu tetap harus berhati-hati agar tidak terjebak pada modus penipuan, salah satunya seperti rug pull.


Bagi kamu yang baru pemula berinvestasi di kripto, mungkin istilah ini masih asing. Apalagi jika kamu berniat untuk berinvestasi di token kripto lokal yang sebenarnya belum teruji masa depan project serta fundamentalnya seperti ASIX token, Leslar metaverse, i-Coin, dan sebagainya. Maka dari itu, penting bagi amu untuk mempelajari dulu apa arti rug pull dan contoh kripto yang pernah rug pull dibawah ini. 

Apa Arti Rug Pull?

Rug pull merupakan salah satu bentuk penipuan dalam dunia kripto. Pada kasus ini developer atau pengembang kripto tersebut meninggalkan proyeknya setelah berhasil mengumpulkan dana dari investor.


Setelah itu developer akan menjual aset kripto tersebut secara serentak dalam jumlah banyak, sehingga aset tersebut sudah tidak lagi berharga.

ciri grafik kripto yang rugpull alias scam
ciri grafik kripto yang rugpull alias scam

Kasus rug pull ini banyak terjadi pada decentralized exchange atau DEX, yang merupakan pasar pertukaran aset kripto dengan mata uang real tanpa adanya pihak ketiga untuk menahan dana pengguna.


DEX tentu berbeda dengan CEX (centralized exchange), yang mana masih terdapat perusahaan exchange yang mengatur jalannya transaksi, dan tidak sebebas DEX.


Sistem penipuan ini berawal dari developer yang merancang sebuah proyek yang menjanjikan sehingga menarik banyak pengguna.


Setelah itu proyek disebar dan mulai banyak investor yang tertarik, dari situlah harga aset akan naik. Ketika harga aset sudah berada di angka yang diinginkan developer, mereka akan menjual serentak aset yang dimiliki dan mengakibatkan hancurnya harga aset atau token tersebut.


Penipuan ini dapat terjadi dalam waktu yang cepat dan merugikan banyak investor. Itulah mengapa disebut sebagai rug pull, atau secara harfiah berarti ‘menarik karpet’ sehingga orang-orang yang berdiri di atas karpet tersebut akan jatuh bersamaan.


Itulah kira-kira skema penipuan rug pull yang terjadi pada kripto. Sampai saat ini banyak proyek kripto yang mengalami rug pull dan akan kita bahas di bawah ini.

Contoh Kripto yang Pernah Rug Pull

Setelah mengetahui apa arti rug pull, selanjutnya untuk melihat contoh nyatanya terdapat beberapa kasus rug pull yang pernah terjadi selama ini. Berikut beberapa diantaranya.

#1 Token Squid Game

squid game token yang rug pull di akhir tahun 2021
squid game token yang rug pull di akhir tahun 2021
Kasus pertama yaitu token kripto Squid Game. Pastinya kamu sudah tidak asing dengan nama token satu ini yang diadaptasi dari serial Netflix Korea Squid Game.


Token SQUID mulai populer pada Oktober 2021 lalu setelah series ini muncul dan menarik banyak perhatian. Ketika token tersebut mulai disebar, harga asetnya langsung naik drastis.


Rentang antara 26 Oktober - 1 November, harganya sudah naik sekitar 23 juta persen. Namun, semakin lama harga tersebut terus turun hingga menjadi $0,003 saja.


Dari situ para investor dan seluruh orang jadi tahu bahwa token ini terjadi rug pull. Dan setelah diselidiki, ternyata pengembang token SQUID meninggalkan proyek dengan membawa aset sebesar $3.3 juta.

#2 Compounder Finance (CP3R)

Token kripto yang pernah rug pull berikutnya yaitu CP3R, yang merupakan salah satu proyek De-Fi (decentralized finance). Dalam kurun waktu 24 jam, harga CP3Rini turun hingga 98,8% dan tim pengembang berhasil membawa kabur sebesar 10,8 juta dolar.


Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata rug pull ini sudah direncanakan sejak proyek ini dibuat. Terbukti dengan adanya kode dalam smart contact yang dimasukan oleh developer.

#3 Pincoin

Token selanjutnya berasal dari Pincoin, yang merupakan token kripto asal Vietnam. Ketika peluncurannya, kurang lebih terdapat 32.000 investor yang mendepositokan uangnya yang jumlahnya sekitar $870 juta atau Rp12,44 triliun.


Ketika seharusnya investor mendapatkan imbal hasil berupa cash, mereka justru mendapatkan berupa token lain yang bernama iFan. Dan setelah itu, devloper Pincoin hilang beserta seluruh dana tersebut.


Dan kasus ini dikategorikan masuk dalam rug pull dalam dunia kripto.

#4 Acchain

Contoh kripto yang pernah rug pull berikutnya adalah Acchain. Token ini dikembangkan di Shenzhen, China dan menjadi salah satu kasus penipuan kripto terbesar pada tahun 2021.


Sebelum token ini rug pull, developer berhasil mengumpulkan dana sekitar $80 juta atau setara lebih dari 1 triliun rupiah. Awal mula kripto ini hancur yaitu ketika beredarnya kantor pengembang Acchain yang ternyata tidak ada aktivitas sama sekali di sana. Tidak lama setelah itu perusahaan developer hilang begitu saja.


Setelah mengetahui beberapa kasus rug pull di atas, seharusnya membuat kamu lebih berhati-hati sebelum memilih token. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa cara untuk menghindari rug pull.


Lihat juga: Daftar Marketplace NFT yang Ramah Pemula

Cara Menghindari Token yang Berpotensi Rug Pull

Di bawah ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penipuan tersebut.

1. Mencari Tahu Developer Di balik Proyeknya

Orang dibalik proyek yang sedang dilakukan memiliki peran penting terhadap kemajuan proyek tersebut. Kamu harus mencari tahu, siapa saja yang terdapat di baliknya, bagaimana sejarah mereka, dan proyek apa saja  yang sudah pernah dilakukan.


Selain itu, kamu juga perlu membaca white paper yang dikeluarkan developer. Pahami betul seperti apa tujuan token tersebut dibuat, teknologi yang digunakan dan yang lainnya.

2. Jangan FOMO dan Terus Membaca Berita

Kebanyakan orang saat ini yang mengalami kerugian karena mereka FOMO terhadap token tersebut. Jangan mudah tergiur oleh aset yang sedang trend, karena bisa jadi itu hanya promosi saja.


Maka dari itu kamu harus terus menyelarasakannya dengan rajin membaca berita dari forum-forum terpercaya  seperti reddit atau yang lain. 


Nah, itulah apa arti rug pull beserta contoh kripto yang pernah rug pull dari tim Sebuahutas.com. Untuk kamu yang berniat berinvestasi di sana tetap berhati-hati dan terapkan cara menghindari rug pull di atas.

Next article Next Post
Previous article Previous Post