Monday, June 6, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Nada dering dalam ponsel berfungsi sebagai notifikasi jika ada pesan ataupun panggilan masuk. Selain itu, nada dering juga bisa digunakan sebagai alarm maupun sebagai nada dering WA. 


Umumnya, setiap ponsel telah dibekali oleh beragam nada dering bawaan. Namun, jika kamu merasa bosan dengan nada dering WA bawaan, kamu bisa download nada dering di Google salah satunya kumpulan nada dering wa MP3 berikut ini.


Ada banyak website yang menyediakan berbagai jenis nada dering. Kamu bisa download nada dering yang kamu inginkan dan ganti nada dering bawaan sesuai dengan keinginanmu. Setelah kamu berhasil mendownloadnya, kamu bisa menjadikannya sebagai nada dering panggilan telepon atau ganti nada dering WA.

Panduan Lengkap Cara Ganti Nada Dering WA di Semua Tipe Hp Android
Panduan Lengkap Cara Ganti Nada Dering WA di Semua Tipe Hp Android

Cara ini cocok juga dipraktikkan jika Anda masih bingung bagaimana mengubah nada dering WhatsApp di ponsel Android merk populer seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lain-lain.

#1 Ganti Nada Dering WhatsApp Sesuai Ringtone Bawaan Android

Cara pertama ini akan menjelaskan bagaimana cara mengubah nada dering Android tapi masih memakai ringtone bawaan. Jadi Anda tidak akan mengubah ringtone WhatsApp lewat lagu mp3 milik sendiri, tapi masih mengikuti pilihan ringtone-ringtone yang tersedia di Android. Berikut cara mengubahnya:


  1. Buka aplikasi WhatsApp, ketuk icon titik tiga di pojok kanan atas aplikasi lalu pilih menu Settings
  2. Pilih opsi Notifications dengan simbol lonceng, scroll hingga ke bagian messages, voice call, ataupun group sesuai nada dering yang ingin diubah
    cara ganti nada dering dengan pilihan ringtone default di android
    cara ganti nada dering dengan pilihan ringtone default di android
  3. Selanjutnya, pilih menu Notification tone, pilih salah satu nada dering untuk memutarnya, lalu pilih nada pesan yang paling sesuai untuk jadi notif wa kamu.
  4. Selesai.

Mudah saja bukan mengganti nada dering dengan pilihan ringtone yang sudah disediakan di ponsel Android. Jika kamu masih belum puas, kamu dapat menambahkan lagu mp3 sendiri untuk jadi nada dering dengan mengikuti langkah yang kami jabarkan di bagian selanjutnya.

#2 Cara Mengganti Nada Dering WA dengan Lagu Mp3 Custom

Cara Ubah Nada Dering WA dari Lagu Mp3 Milik Sendiri
Cara Ubah Nada Dering WA dari Lagu Mp3 Milik Sendiri
Cara lainnya untuk mengubah nada dering di aplikasi WhatsApp ialah membuat nada dering custom dari lagu mp3 sebagai nada pesan notifikasi kita. Dengan cara ini, kamu bisa memasang nada dering pendek dan lucu untuk dijadikan nada dering yang menarik dan lebih unik pastinya.

Sebelum itu, ada dua tahap yang perlu kamu tahu agar dapat memasang lagu mp3 menjadi nada dering wa. Tahap pertama adalah menambahkan menambahkan lagu atau file mp3 ke dalam daftar nada dering Android, dan tahap kedua adalah memasang nada dering di aplikasi WhatsApp.

Adapun cara menambahkan lagu mp3 ke dalam daftar nada dering wa Android yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Cara 1: Buka aplikasi File Manager di ponsel kamu, bisa dengan aplikasi My Files bawaan Android ataupun aplikasi serupa. Cari folder Internal Storage, lalu pilih folder Ringtones. Kamu dapat menambahkan ringtone wa dengan cara memindahkan file nada dering mp3 ke dalam folder Ringtones tersebut.
    cara tambah nada dering mp3 ke folder ringtones di hp android
    cara tambah nada dering mp3 ke folder ringtones di hp android
  • Cara 2: Sebagai alternatif, ada cara lain yang bisa kamu lakukan lewat pengaturan Android. Caranya buka Settings (pengaturan android) di app drawer, pilih menu Sounds and vibrations lalu klik menu Ringtone. Ketuk icon plus (+) atau menu Add di pojok atas pengaturan dan pilih file nada dering mp3 untuk ditambahkan, setelahnya tinggal simpan dan tutup jendela pengaturan.
    cara tambah nada dering mp3 lewat pengaturan hp android
    cara tambah nada dering mp3 lewat pengaturan hp android

Setelah menyelesaikan salah satu dari kedua tahap diatas, kamu sudah dapat langsung memasang nada dering wa dengan lagu mp3 sendiri yang sudah kamu tambahkan. Tinggal buka aplikasi WA, klik icon titik tiga, pilih Settings > Notifications > Notification tone dan ketuk mp3 pilihan kamu untuk jadi nada notifikasi pesan WhatsApp baik personal chat maupun group chat.

#3 Cara Ganti Nada Dering WA untuk Kontak Tertentu

Satu tips lainnya yang belum banyak orang tahu adalah kamu dapat mengatur nada dering khusus untuk setiap kontak WhatsApp yang tersimpan di ponsel kamu. Hal ini berguna untuk mengetahui siapa pengirim pesan wa hanya dari nada dering notifikasi nya tanpa harus membuka hp.

Kamu dapat menggunakan trik ini untuk kontak wa yang spesial seperti orang tua, anak atau bahkan pasangan dengan suara suara unik. Berikut cara mengubahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih salah satu kontak spesial yang ingin kamu atur berbeda nada dering nya
  2. Klik icon titik tiga di profile kontak orang tersebut lalu pilih menu Custom Notifications.
    fitur notifikasi kustom untuk nada dering khusus di profil kontak wa
    fitur notifikasi kustom untuk nada dering khusus di profil kontak wa
  3. Setelahnya, klik centang pada kolom Use custom notifications dan atur nada dering wa apa yang ingin diubah pada bagian Message notifications atau call notifications.
    centang custom notifications dan pilih notification tone untuk nada pesan wa
    centang custom notifications dan pilih notification tone untuk nada dering pesan wa
  4. Klik Notification tone untuk mengganti nada pesan notifikasi atau klik Ringtone untuk mengganti nada dering panggilan WhatsApp. Jika sudah, silakan simpan pengaturan dan nada dering kustom untuk kontak tersebut sudah berhasil terpasang.

Nah, itulah tadi panduan lengkap cara ganti nada dering notifikasi wa di ponsel Android yang bisa kamu lakukan. Dengan mengikuti cara diatas, kamu dapat membuat nada dering yang unik dan berbeda untuk setiap kontak sehingga dapat membantu kamu mengetahui pengirim pesan tanpa harus membuka hp.

Fitur ini tentu sangat bermanfaat buat kamu yang sering menggunakan chat WA untuk berkomunikasi dengan keluarga atau rekan kerja, sehingga pesan dan panggilan yang penting tidak akan terlewatkan. Sekian panduan lengkap cara ganti nada dering wa dari Sebuahutas.com, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!  

Next article Next Post
Previous article Previous Post