Wednesday, June 1, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Google Play Store merupakan perusahaan yang menawarkan banyak sekali layanan berbasis online. Beberapa contoh layanan Google yaitu Gmail, Google Translate, Google Assistant, Google Document, dan masih banyak yang lainnya. 


Kamu yang sering menggunakan layanan Google pasti sangat paham apa itu Play Store APK. Meskipun begitu, mungkin kamu belum tahu cara memperbarui ataupun memasang aplikasi Play Store yang terhapus dari hp Android. Lewat tulisan ni, kmau bisa mengunduh Play Store APK versi terbaru dan mengetahui cara mudah mengupdatenya ke versi terkini.

Download Google Play Store APK Terbaru 2022
Download Google Play Store APK Terbaru 2022

Biasanya aplikasi ini sudah terinstall secara default di setiap smartphone Android berbasis Google. Jadi Kamu tidak perlu mengunduh atau memasangnya sendiri. Namun sayangnya Google Play Store sama seperti aplikasi Android lainnya yang bisa terhapus secara tidak sengaja. Semua orang pasti akan langsung panik apabila Google Play Store tempat mengunduh aplikasi hilang.

Cara Download Play Store yang Terhapus

Tenang saja, Kamu tidak perlu panik karena Google Play Store bisa diunduh lagi. Berikut ini adalah cara download aplikasi Google Play Store yang bisa Kamu lakukan:

Download Play Store Terbaru Melalui Browser

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan jika Play Store terhapus adalah mengunduhnya melalui browser smartphone. Ada banyak browser yang bisa Kamu gunakan seperti Google Chrome, Opera, UC Browser, dan lain sebagainya.

Nama AplikasiGoogle Play Store
DeveloperGoogle LLC
Ukuran file48.6 MB
Tanggal update30 Mei 2022
Link Download[Unduh] [Official]

Cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:


  1. Download Google Play Store APK dari link resmi diatas
  2. Aktifkan izin install dari sumber tidak dikenal di hp android
    izin install dari sumber tidak dikenal
    izin install dari sumber tidak dikenal
  3. Masuk ke aplikasi My Files, lalu pilih folder Download
  4. Cari file 'google-play.apk' lalu buka dan pilih opsi install
  5. Tunggu hingga proses selesai dan Play Store sudah bisa diakses kembali di ponsel Android kamu 

Dengan cara yang kami sampaikan diatas, Kamu bisa langsung melakukan download dengan klik link yang kami lampirkan. Jenis aplikasinya adalah APK sehingga bisa langsung dipasang di smartphone Android. Tenang saja, cara ini sangat aman dan juga gratis.

Download Play Store Melalui Aplikasi APK Downloader Evozi

Selain melalui browser, Kamu juga bisa mengunduh Play Store dengan cara alternatif. Cara ini bisa dilakukan apabila cara yang pertama tidak berhasil. Gunakan aplikasi Apps Evozi untuk membantu mengunduh Play Store. Tenang saja, aplikasi tersebut aman dan bisa digunakan secara gratis.


Langkah-langkah untuk download Play Store melalui aplikasi APK Downloader Apps Evozi yaitu sebagai berikut:


  • Unduh dan pasang aplikasi APK Google Play di smartphone milikmu melalui link ini: https://apps.evozi.com/apk-downloader/?id=com.android.vending
  • Atau bisa juga kamu buka aplikasi apps.evozi.com/apk-downloader/
  • Masukkan com.android.vending pada kolom pencarian.
    download google play store dari evozi apk downloader official
    download google play store dari evozi apk downloader official
  • Tekan Enter untuk proses mencari.
  • Tekan tombol Download agar bisa mengunduh aplikasi ke smartphone.
  • Selesai. Aplikasi Google Play official sudah ada kembali di ponsel Android milikmu.

Aplikasi APK Pure tidak hanya menyediakan Google Play Store saja. Aplikasi ini penggunaannya mirip dengan Play Store sehingga bisa membantumu mengunduh aplikasi-aplikasi lain termasuk game.


APK Pure menyediakan Play Store, namun Kamu tidak akan menemukan aplikasi ini di Play Store. Jadi jika tertarik dengan aplikasi-aplikasi yang ada di APK Pure, Kamu harus mengunduhnya dengan link di atas.

Cara Install Play Store di Android

Proses unduh dan install aplikasi melalui Play Store sangat mudah karena berjalan sekaligus. Namun hal tersebut berbeda jika Kamu mengunduh aplikasi melalui browser atau APK Pure.


Jika mengunduh melalui cara-cara di atas, Kamu harus melakukan instalasi di luar proses download. Cara install yang bisa Kamu ikuti yaitu sebagai berikut:


  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings yang ada di smartphone-mu.
  • Cari sub menu Additional Settings.
  • Pilih opsi Privacy. Nanti akan muncul jendela baru dengan banyak opsi.
  • Aktifkan opsi Unknown Source. Opsi tersebut berguna untuk memberikan izin instalasi aplikasi-aplikasi yang diunduh di luar Play Store.
    izinkan install aplikasi dari sumber tidak dikenal di android
    izinkan install aplikasi dari sumber tidak dikenal di android
  • Masuk ke penyimpanan dan klik aplikasi Play Store yang sudah Kamu download.
  • Proses instalasi akan berjalan seperti biasanya. Tunggu hingga selesai.
  • Jika sudah selesai, maka Kamu bisa menggunakan Play Store untuk download dan install aplikasi.

Cara Update Play Store

Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya, Play Store juga terus update untuk memberikan fitur yang lebih baik. Berikut adalah cara update Play Store yang bisa dilakukan:


  • Buka aplikasi Play Store.
  • Masuk ke profil dengan tap foto profil.
    masuk ke menu settings di pofile picture aplikasi Google Play
    masuk ke menu settings di pofile picture aplikasi Google Play
  • Pilih menu Settings.
  • Pilih sub menu About.
  • Cari Play Store Version.
    tombol update play store pada menu about di pengaturan Google Play
    tombol update play store pada menu about di pengaturan Google Play
  • Klik agar bisa memulai proses download aplikasi terbaru. Apabila aplikasi sudah baru maka akan ada notifikasi yang memberikan informasi.
  • Selesai.

Tanya-Jawab Cara Download Play Store Terbaru

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan pengguna Android terkait dengan cara unduh Play Store atau Google Play yang terhapus dari smartphone:

Apa fungsi dari Google Play Store?

Google Play Store merupakan toko aplikasi resmi yang diterbitkan oleh Android untuk para penggunanya. Toko ini berfungsi sebagai media penyedia berbagai aplikasi mulai yang gratis hingga berbayar.


Rata-rata aplikasi yang tersedia seluruhnya gratis dan untuk yang berbayar seperti buku atau sejenisnya. Untuk mengetahui, kamu tinggal telusuri aplikasinya dan disana akan terlihat apakah tools tersebut berbayar atau tidak.

Kenapa aplikasi dari Google Play Store berhenti?

kendala aplikasi google play store berhenti
kendala aplikasi google play store berhenti
Jika Google Play berhenti masalahnya bukan dari sistem melainkan aplikasi yang sedang kamu buka. Umumnya masalah ini timbul karena aplikasi tersebut berada di versi lama atau kadaluarsa.


Untuk itu kamu perlu mengupdate ke versi terbaru agar aplikasi tersebut bisa kembali digunakan di smartphone. Proses memperbaharuinya cukup buka aplikasi di Google Play Store lalu klik saja update. Jika belum berhasil, silakan gunakan Play Store APK versi terbaru yang kami sediakan diatas.

Bagaimana cara mengatasi Play Store error?

Ketika terjadi error pada Play Store, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:


  1. Periksa koneksi internet baik pengguna data atau Wi-Fi. 
  2. Periksa ruangan penyimpanan dan pastikan masih ada space yang cukup.
  3. Pastikan sistem Android yang digunakan sudah berada di versi yang terbaru.
  4. Lakukan penghapusan data dan cache yang terdapat pada smartphone.

Amankah menghapus data Play Store?

Menghapus data Play Store di perangkat Android tergolong aman bahkan disarankan jika memang memori sedang penuh. Kamu bisa menghapus data dari setiap aplikasi agar tidak memberatkan smartphone.


Jika memungkinkan, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya tidak penting di layanan tersebut. Pada intinya proses penghapusan data akan aman dan tidak ada pengaruh ke smartphone.

Apa yang terjadi jika data Google Play dihapus?

Jika kamu menghapus data dari aplikasi maka berbagai informasi login dan cachenya akan hilang. Sebab aplikasi tersebut nantinya akan akan kembali ke setelan awal dari tools tersebut.


Sedangkan menghapus aplikasi akan membuat tools tersebut tidak bisa digunakan lagi di smartphone. Jadi kamu perlu menginstal ulang aplikasi tersebut jika ingin digunakan di smartphone.


Itulah pembahasan mengenai cara download Play Store yang terhapus dari tim Sebuahutas.com. Caranya sangat mudah, jadi Kamu tidak perlu khawatir jika aplikasi terhapus dari smartphone. Semoga apa yang dibahas di atas mudah dipahami dan bermanfaat untuk Kamu yang sedang membutuhkannya.


Referensi terkait:

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×