Djasn Bkn 2022 Untuk Cek Profil Pns Terbaru
Administrasi Pemerintah

Profil PNS BKN untuk Cek NIP dan Kenaikan Pangkat Golongan Terbaru

Meskipun saat ini untuk melakukan pengecekan NIP, pangkat, atau pun kenaikan pangkat PNS (Pegawai Negeri Sipil) sudah bisa dilakukan dengan mudah, praktis, dan efisien, akan tetapi pada kenyataannya sampai sekarang masih banyak guru pendidik yang merasa kesulitan atau kerepotan pada saat melakukan hal tersebut. Makanya melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda langkah paling mudah dan terbarunya. Jadi, simak ulasannya sampai selesai ya!

Cara Cek Nip Pangkat Dan Kenaikan Pangkat Pns Di Profilpns Bkn
Cara Cek Nip Pangkat Dan Kenaikan Pangkat Pns Di Profilpns Bkn

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya BKN sendiri memiliki sarana untuk lakukan cara cek NIP dengan menggunakan nama lahir, pangkat, dan unit kerja pemiliknya. Lalu untuk melakukan pengecekan pada NIP, pangkat, atau kenaikan pangkat PNS sendiri bisa dilakukan dengan cara mengakses laman: ip-jasn.bkn.go.id. Namun untuk informasi lebih lanjut mari simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Fungsi Portal IP PNS BKN

Perlu untuk Anda ketahui terlebih dulu bahwasannya cara cek NIP, pangkat, atau kenaikan pangkat PNS di portal BKN ini sekali – kali tentu saja perlu sekali untuk dilakukan, khususnya oleh mereka yang berstatus sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) baru. Tujuannya tidak lain agar Anda bisa memastikan bahwasannya No NIP yang Anda miliki tersebut sudah sesuai dengan identitas pemiliknya, seperti mengenai Nama, Tanggal Lahir, Pangkat dan Golongan PNS, dan juga Unit Kerja.

Emonitoring Dari Bkn Untuk Melihat Performa Kerja Asn
Emonitoring Dari Bkn Untuk Melihat Performa Kerja Asn

Pada dasarnya sejak tahun 2011 silam, cara mengecek No NIP atau cara cek Profil PNS ini bisa digunakan pula untuk melakukan pengecekan SK kenaikan pangkat yang diajukan ke portal BKN. Makanya dikenal juga dengan istilah cara cek kenaikan pangkat PNS pada portal BKN. 

Tetapi demikian tentu saja ada hal yang penting sekali untuk diingat di sini, yakni SK kenaikan pangkat bukan hasil penetapan PAK. Umumnya jika SK kenaikan pangkat tersebut sudah diterbitkan sekalipun SK masih belum diterima oleh pemiliknya, pangkat dan golongan sudah menyesuaikan dengan pangkat dan golongan baru.

Oleh sebab itulah apabila hasil ada ketidaksesuaian, seperti Nama Tanggal Lahir, Unit Kerja, atau pun Pangkat Golongan, maka Anda nanti akan dimintai untuk segera memperbaikinya. Misalnya saja dengan cara menghubungi kantor BKD di kabupaten atau kota maupun provinsi Anda masing – masing.

Cara Cek NIP Pangkat dan Kenaikan Pangkat PNS

Untuk cara cek NIP dan cek pangkat atau pun cek kenaikan pangkat PNS pada portal BKN ini sebetulnya mudah sekali, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Login Ip Pns Bkn
Cara Login Ip Pns Bkn
  1. Buka portal resmi DJASN di alamat https://ip-jasn.bkn.go.id/
  2. Masukkan username login MySAPK di kolom Nama Pengguna
  3. Isi password sesuai kata santi di aplikasi MySAPK
  4. Ketuk tombol Login yang berwarna hijau
    cara login IP PNS BKN
  5. Cek data dan profil PNS yang tampil, jika ada ketidaksesuaian data, klik tombol ‘Ubah Data‘ dan masukkan data terbaru yang lebih sesuai
    cara cek identitas PNS berserta pangkat dan jabatan di portal JASN BKN
  6. Untuk mengecek proses kenaikan pangkat, pilih menu ‘Proses KP
  7. Selesai, silakan tutup dan logout situs JASN jika perubahan data dan cek profil PNS telah selesai
Cara Cek Identitas Pns Berserta Pangkat Dan Jabatan Di Portal Jasn Bkn
Cara Cek Identitas Pns Berserta Pangkat Dan Jabatan Di Portal Jasn Bkn

sebab Anda hanya perlu mengakses situs ip-jasn.bkn.go.id. Jika sudah silakan masukkan saja No NIP yang masih berlaku lalu pilih Cari.

Tapi jika Anda mendapat kendala bahwasannya cek pangkat golongan PNS ternyata tidak bisa dilakukan secara online lewat portal Profile PNS BKN, maka Anda bisa melakukannya melalui aplikasi My SPAK BKN. Silakan download aplikasi My SPAK BKN dibawah ini dari Google Play:

Demikian informasi yang bisa Sebuahutas.com bagikan tentang cara mengecek NIP, pangkat, atau kenaikan pangkat PNS di BKN termasuk aplikasi MySAPK. Semoga bermanfaat.

Tags
Posted by
Muhamad Syarif

Mencari apa yang tidak dicari orang kebanyakan, menemukan apa yang hilang dari orang kebanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

AdBlock Detected

Sebuahutas.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.