Tuesday, October 12, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Jika Anda mencari sesuatu yang aesthetic, maka datanglah ke Pinterest. Tersedia banyak kumpulan foto-foto aesthetic yang bisa diunduh gratis atau jika Anda tertarik menjiplak ide foto/selfie yang Anda suka juga boleh.

buat foto profil whatsapp aesthetic
buat foto profil whatsapp aesthetic

Foto-foto tersebut bisa Anda pasang ke WA. Tinggal cari saja foto seperti apa yang ingin Anda pasang, apakah anime, foto pemandangan, kartun-kartun abstrak, foto idola, quotes dan sebagainya.


Atau Anda tertarik membuat foto profil WA sendiri? Jika begitu tujuan kalian, berikut simak beberapa tips membuat foto profil WA yang aesthetic:

Cara Membuat Foto Profil WA Aesthetic

#1 Ketahui Resolusi Foto Profil WA

Resolusi foto yang berlaku di WA adalah 1:1, bentuknya kubus, dan nantinya ditampilkan membulat, jadi sudut-sudut foto tidak akan kelihatan kecuali Anda perbesar gambar tersebut. Berikut ukuran yang direkomendasikan untuk foto profil whatsapp:


  • Sekurang-kurangnya memiliki resolusi 192px v 192px
  • Resolusi yang direkomendasikan 500px v 500px

Resolusi ini juga berlaku untuk sosial media lain, misalnya Instagram, Twitter, atau Facebook. Jika foto yang akan Anda jadikan foto profil resolusinya tidak 1:1, Anda dapat melakukan krop. Tapi sayangnya ini akan membuat gambar menjadi blur atau titik fokus gambar tidak sesuai.

#2 Mulai Siapkan Kamera Anda

Foto aesthetic tidak mengharuskan kamera Anda harus bagus. Tapi akan lebih baik jika memiliki spesifikasi mendukung. Setelah menyiapkan kamera, selanjutnya Anda bisa memilih resolusi 1:1, agar nanti bisa langsung dipasang menjadi foto profil WA.

#3 Pilih Tipe Foto Aesthetic Apa yang Anda Gunakan

Foto aesthetic memiliki banyak tipenya, seperti foto yang penuh akan bintik (noise), foto mode gelap, kekurangan cahaya, foto dengan gaya-gaya misterius yang tidak memperlihatkan diri ke kamera, foto ngeblur, foto bangunan, foto pemandangan, foto barang-barang di sekitar, foto makanan dan sebagainya.

pemandangan gelap malam jadi profil wa penuh estetika
pemandangan gelap malam jadi profil wa penuh estetika

Yang membedakan aesthetics atau tidaknya foto profil Anda tergantung pada eksposur dan angle atau pengambilan gambar. Coba kalian lihat contoh-contoh foto aesthetics yang banyak tersebar di sosial media. Lalu pahami bagaimana angle, dan warna foto yang mereka ambil.

#4 Cara Pengambilan Gambar

Ada banyak jenis cara pengambilan gambar, kami akan menyebutkan sebagian yang menurut kami paling unik.


  • Foto Ngeblur : Anda bisa memakai efek fokus yang disediakan kamera Anda. Tapi hasilnya terlalu kaku, dan bagian yang diblur hanya bagian background. Adapun cara lain mengambil foto ngeblur, yang mana bagian ngeblurnya termasuk objek yang difoto dan backgroundnya. Caranya dengan: arahkan kamera Anda ke objek foto, lalu tekan tombol kamera, saat proses kamera menangkap gambar, goyangkan kamera Anda. Dengan begitu gambar yang kita ambil menjadi blur.
    foto blur cocok untuk wa aesthetic
    foto blur cocok untuk wa aesthetic
  • Foto Banyak Noise : noise adalah bintik-bintik yang ada di foto. Keberadaannya cukup mengganggu, karena membuat hasil foto menjadi tidak jernih. Tapi sekarang malah menjadi minat tersendiri bagi peminat foto aesthetics. Noise yang dihasilkan foto, membuat foto memberikan kesan low quality, dan ini cukup indah.

    Cara mengambil gambarnya seperti ini: Anda bisa berfoto di tempat gelap, lalu nyalakan ring light untuk sedikit penerangan. Tapi jangan arahkan ring light sampai membuat seluruh cahaya Anda terima, tipis-tipis saja. Biasanya dengan begini foto menjadi dipenuhi bintik (biasanya tidak bekerja jika kamera Anda bagus). Atau cara yang lebih mudah dengan memanfaatkan aplikasi edit.
foto profil wa aesthetic dengan noise
foto profil wa aesthetic dengan noise
  • Foto dari Angle Bawah : orang yang berfoto mengambil angle dari bawah membuat objek seolah-olah menjadi megah nan tinggi. Ada sedikit trik, mendapatkan foto yang spektakuler memakai angle bawah. Caranya: coba balik kamera Anda, posisikan kamera Anda ada di bawah. Kemudian atur posisi HP agar lurus, lalu ambil gambar yang ada di hadapan Anda.
    foto profil wa estetik dari sudut bawah
    foto profil wa estetik dari sudut bawah

#5 Gunakan Aplikasi Editing

Foto aesthetic tidak didapatkan dengan satu kali jepret. Kebanyakan harus melalui proses editing dahulu. Adapun beberapa aplikasi editing yang recomended untuk digunakan:

vsco aplikasi buat foto profil wa aesthetic
vsco aplikasi buat foto profil wa aesthetic

  • VSCO: cocok untuk mengatur exposure. Cari formulanya di internet, lalu buat warna foto Anda sesuai dengan cahaya
  • PicsArt: aplikasi ini memuat seluruh tool editing, mulai dari filter, pengaturan exposure, teks, gambar, stiker, fitur hapus objek dalam foto dan sebagainya
  • Lightroom: tak jauh beda dengan VSCO, keduanya sama-sama direkomendasikan
  • Snapseed: adalah salah satu jenis aplikasi buatan Google, cocok Anda gunakan untuk editing foto mentahan Anda

Ingat, yang paling penting untuk menghasilkan foto aesthetic adalah exposurenya atau warna pada foto Anda.

#6 Tips Buat Foto Selfie Aesthetic untuk WA

Yang dibahas di atas kebanyakan menyinggung foto-foto yang diambil memakai kamera belakang. Lalu adakah tipis membuat foto profil dari selfie?


Artikel terkait: Cara Buat Nada Dering WA Aesthetic dengan Suara Google


Ada beberapa tips, kalian bisa menirunya jika tertarik. Simak tips dan ide-idenya berikut:

tips mengambil foto aesthetic untuk pp whatsapp
tips mengambil foto aesthetic untuk pp whatsapp

  • Foto bagian kedua mata Anda saja
  • Foto setengah wajah
  • Foto wajah dan seluruh kepala Anda memakai ekspresi yang menggemaskan
  • Foto setengah badan Anda dari angle bawah dan ambil background langit biru
  • Foto aesthetics memakai filter-filter di aplikasi sosial media
  • Foto low quality, berikan banyak efek noise
  • Foto candid yang tidak sadar akan kamera


Dan sebagainya. Jika masih bingung, coba kalian lihat selebgram-selebgram, dan perhatikan bagaimana foto profil mereka.

#7 Pasang Foto Anda di WA

Setelah foto Anda jadi, kalian bisa mulai memasangnya di WA. Tentu kalian sudah tahu caranya kan?

Rekomendasi Foto Profil Aesthetic untuk Foto Profil WA

cara mencari foto profil wa asthetic
Jika Anda tidak tertarik membuatnya sendiri, Anda bisa mencarinya di internet. Kunjungi Pinterest, banyak tersedia foto-foto aesthetics di sana.

Cara mencarinya begini:


  1. Buka website Pinterest, boleh juga mengunduh aplikasinya
  2. Lalu ketikkan di pencarian foto profil wa aesthetic seperti apa yang ingin Anda pasang. Tambahkan embel-embel 'Icon' agar semua foto yang keluar memakai resolusi 1:1
  3. Kemudian unduh dengan ketuk ikon titik tiga di pojok kiri atas
  4. Klik 'Unduh Gambar'
  5. Selesai

Adapun beberapa rekomendasi gambar yang cukup aesthetic dipakai. Anda bisa mencarinya sendiri dengan mengetik keyword berikut: anime aesthetic, aesthetic vintage, subtitle quotes, aesthetic girl/boy, dark, funny profile pictures, dan masih banyak lagi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post